Wednesday, March 7, 2007

kredit...???

Pelajaran gw hari ini tentang produk kredit nasabah perorangan (consumer loan) bank gw. Udah pada tau kan? ada yg buat kredit rumah, kredit kendaraan, kredit gabungan rumah dan kendaraan, kredit dengan agunan deposito, kredit tanpa agunan, dll...Tp bukan itu yg pengen gw omongin di sini...hehe...

gw pengen ngomong tentang kredit secara global :p Pelajaran gw hari ini ditanya dengan 1 pertanyaan: "Siapa diantara bapak ibu yang sudah pernah berurusan dengan kredit di bank, apakah melalui kartu kredit atau produk2 kredit lainnya?" Hasilnya, dari 16 orang cuma ada 3 orang yg angkat tangan. Pengajarnya tertawa lalu bilang, "Bagus!!! Jangan biasakan diri bapak ibu untuk terlibat dengan kredit." hahaha...gw bingung waktu denger pengajarnya bilang gitu...pengajarnya kan orang kredit, masa malah bilang kalo bisa jangan sering2 pake produk kredit. aneh kan?

gw sendiri, sampai saat ini baru 1 kali ber kredit. dulu itu juga gara2 mau nyobain cara pake kartu kredit. wakaka...kampungan ya :p Nah, menurut gw pribadi, fasilitas kredit itu cukup menguntungkan koq. ini beberapa contohnya:

kalo lo pake kartu kredit, keuntungannya (ini yg gw rasain):
- bisa belanja tanpa keluar duit tunai, duitnya bisa dibungain dulu di bank
- paket2 cicilan non bunga sekarang udah mulai banyak. Mandiri punya "Power Buy 0%", BCA punya "Cicilan 0%", Citibank punya "EasyPay" -> sangat berguna untuk beli alat2 elektronik... hahaha... lagi banyak promo tuh, produk cicilan handphone paling banyak...
- tawaran diskon di banyak tmpat ampe 50% lebih

semua keuntungan itu tidak akan menjadi masalah kalo tagihannya dibayar tepat waktu, dan ga ada yg melakukan carding (kejahatan kartu kredit) terhadap kartu lo.

kalo lo pake produk kredit bank untuk beli rumah or kendaraan, atau usaha maka keuntungannya:
- nunggu gaji aja mah, 5 taon juga blm tentu kebeli tuh kendaraan or rumah
- bunga kredit antar bank udah mulai kompetitif, jadi banyak pilihan. nasabah di atas angin
- cicilan juga bisa lama, jadi pengeluaran per bulan ga terlalu besar
- memperbesar modal kalo mau buka usaha... katanya sih, salah satu kesuksesan perusahaan diukur juga dari nilai kredit yg dimiliki loh...

TAPI...memang ada sisi2 negatif kalo kita kebiasaan berkredit, yaitu:
- karena ga ngerasa keluar duit tunai, belanjanya jadi "terlalu" lancar...tinggal kaget pas liat tagihan bulanan
- hidup jadi terlilit hutang...makan tidur tak nyaman... Wakakaka :))
- jadi sering menghabiskan waktu untuk nyari2 promo -> jadi ga kerja...biasanya ibu2 tuh :))
- dll -> lupa apa yg tadi dipelajari :p

Nah, gimana dengan anda? apakah anda menganggap fasilitas kredit itu menguntungkan atau merugikan? share2 cerita, pengalaman, dan komentar ya... thx :)

3 comments:

Alveta said...

kalo dari gue pribadi, CC tu perlu :P bukan buat ngutang sih. tapi sekarang banyak transaksi yg perlu pake CC, misalnya di hotel (business trip, lho.. jgn mikir yg aneh2). apalagi kalo sistem kantor pake reimbursement..

bisa buat dana darurat juga, kalo2 butuh bayar rumah sakit.

promo juga lumayan ok sekarang..

Joe said...

Kalo buat gw kredit itu tergantung dari tingkat kekritisan keperluan loe terhadap barang/jasa dimana kekuatan finansial loe saat itu belum mencukupi.

Bagi2 tips dari bacaan gw bukunya Safir Seduk (konsultan perencanaan keuangan niih): menurutnya ambil kredit itu fine2 aja asalkan totalnya itu gak lebih 20% dari pemasukan*) cth: kalo gaji loe Rp3jt/bln maka total kredit loe per bulan jgn lebih dari Rp600rb. Dia jg kasih tip2 buat cara mengatasi kesulitan bayar kredit loh.

Oia, judul bukunya "Siapa Bilang Jadi Karyawan Enggak Bisa Kaya" dapatkan di Gramedia terdekat. Wakakak kok gw malah promosi ya :))


*) kalo gak salah yaa :P mohon direvisi ama yg jg ud pernah baca buku si Seduk.

kunderemp said...

PS: ini nyokapku menggunakan account-ku

Kredit tidak selamanya jelek, sepanjang kita bisa mengelolanya. Bahkan sangat berguna sesuai dengan kebutuhan.

Yang membuat kesulitan adalah karena kita kurang disiplin mengelola keuangan, jadi bukan kredit nya yang salah.

Baca di
http://edratna.wordpress.com/2007/02/22
/bagaimana-mengelola-keuangan-rumah-tangga/

Powered By Blogger