Monday, February 4, 2008

Banjir hari 1... jumat 1 feb 08

Jumat 1 Feb 08,
berangkat pagi, saluran air masih kering... ga ada genangan sama sekali di kompleks perumahan gw...

mulai jam 9, hujan deras turun. ga ada rasa khawatir. cuma ujan segitu aja mah harusnya aman...

jam 13 dapet telp dari rumah. air di saluran air mulai naik, mendekati permukaan jalan. mulai dag dig dug

jam 15 liat di tv, depan sarinah dan monas banjir, pak SBY kejebak macet, penerbangan banyak dibatalin... gawat...gimana pulangnya??? ternyata dapet telp lagi dari rumah... air di jalanan udah se lutut. Untung rumah gw 1 meter tingginya dari jalan. Ngintip ke jalan gatot subroto arah grogol, mobil2 seakan-akan parkir di jalan. Ga bergerak sama sekali...

jam 17 mulai nyari sendal jepit. cari di koperasi ternyata abis, untung masih ada di warung pinggir jalan. kekecilan 1 nomor, tp ya daripada gw mesti pake sepatu kerja lewatin air banjir...

jam 18 gw putuskan untuk pulang, lepas baju batik (kan pegawai negri, jadi jumat pake batik), pake shirt aja. mobil gw tinggal di kantor karena menurut org rumah, banjir di jalanan udah se perut.

gw bingung mau lewat mana... lewat slipi, macet parah...di depan citraland airnya dalem... lewat sudirman, katanya sama juga... tp ternyata busway masih beroperasi :) jadi gw naik busway ke kota... apa yg gw liat selama perjalanan? depan sarinah dan monas KERING total... jalanan lancar kaya hari2 biasa...

sampe terminal busway kota, gw nyari angkot yang mengarah ke rumah gw. ternyata karena ada banjir di daerah bandengan, semua angkot ga ada yg mau ambil penumpang... hari udah jam 7.30. angkot yang ada cuma mau sampe terminal kota tua. ok, gw naik jurusan itu dulu, sapa tau ada angkot lagi di tengah jalan...

sampe terminal kota tua, terlihat kemacetan yang luar biasa. tanya bertanya, ternyata macet gara2 di pejagalan banjir tinggi, jadi mobil2 ga bisa lewat dan harus puter balik... gw pilih jalan kaki dari kota tua, lewat jalan kopi ampe ke pejagalan. jaraknya pendek. 15 menit perjalanan. jalanan masih kering.

Sampe di pejagalan, lampu mulai jarang. ternyata listrik udah mati. mobil2 udah mentok ga bisa maju lagi. air di jalanan seberang yang ngarah ke bandengan udah se paha...banyak yang nawarin tumpangan gerobak dengan bayaran 50rb. weks... siapa yg mau keluar duit segitu... naik angkot biasanya cuma 2rb aja. gw pilih jalan kaki melewati banjir... ternyata lewat trotoar airnya lebih cetek... se lutut aja. Maju terus dalam kegelapan... kalo pake mobil, biasanya 5 menit aja sampe dari jelambar ampe perempatan bandengan... kmrn jalan kaki di air ngabisin waktu 1 jam 20 menit.

sampe di perempatan bandengan ternyata air tidak menggenangi jalan. dan ada angkot yang tetep beroperasi... langsung saja... bayar lebih mahal 1rb dari biasanya gw rela deh... daripada jalan lagi... udah lemes.

turun di depan "kali jodoh" (salah satu tempat yang terkenal dalam sejarah jakarta...katanya :p), gw lanjutkan jalan kaki masuk kompleks. dalem kompleks air tetep se lutut (sama kaya siang), jadi perlu sedikit perjuangan dari depan ampe nyampe rumah. 20 menit... jalan kaki lagi...

akhirnya sampe rumah, jam 10 lewat. untung rumah gw blm kemasukan air...

badan lemes, laper... mati lampu lagi... gelap gulita... istirahat sebentar, makan & mandi... lanjut angkat2 barang... sampe sekarang rumah gw masih berantakan...

lalu... ZZZzzz... ampe pagi...

-end of day 1-

cont. to Banjir hari 2... sabtu 2 feb 08

No comments:

Powered By Blogger